Emotional Freedom Technique

Emotional Freedom Technique atau biasa orang orang sebut EFT ini adalah sebuah terapi penyembuhan emosional yang juga ternyata dapat menyembuhkan gejala gejala penyakit fisik . hal ini berdasar pada revolusi yang berkembang dalam keyakinan psikologi konvensional , mereka menjelaskan "segala emosi negatif yang muncul dapat merusak energi sistem dalam tubuh".

EFT ini bekerja dengan terapi meridian energi atau bisa di sebut versi sederhananya akupuntur yang bekerja langsung pada sistem meridian pada tubuh , seperti halnya menggunakan jarum akupuntur , kita menstimulasi titik titik meridian utama dengan mengetuknya dengan ringan.


EFT ini sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu , di cina atau lebih tepatnya di biara biara para shaolin , mereka sudah bisa dan menjelaskan energi dan titik meridian pertama kalinya . pengembangan EFT juga merupakan rangkaian sukses dari dokter george goodheart . pada awal tahun 90an salah satu siswa doker callahan , garry craig , menyederhanakan teknik EFT dan prosesnya di buat universal agar bisa di terapkan untuk semua permasalahan mental , emosional dan fisik.


beberapa manfaat terapi ini adalah : 

*menyembuhkan segala macam penyakit.
*menyembuhkan kebiasaan yang kurang baik.
*menyembuhkan insomnia.
*mempermudah untuk mendapatkan jodoh.
*menyembuhkan darah tinggi,
*mengatasi emosi yang meluap.
*mengontrol emosi.
*dan masih banyak lagi.

Saya akan memberikan tutorial untuk melakukan terapi EFT ini , langkah langkah menerapkan EFT ini sangat lah mudah , kita bisa melakukan terapi ini dimana saja kapan saja siapa saja , kita bisa melakukan terapi ini untuk orang lain :
1. Berdoalah menurut kepercayaan masing masing.

2.The Set-up (Persiapan)
the set up ini bertujuan untuk memastikan agar aliran tubuh kita terarahkan dengan tepat , langkah ini kita lakukan untuk menetralisir perlawanan psikologis biasanya berupa pikiran negatif .
contohnya sebagai berikut :
- saya tidak bisa mencapai impian saya.
- saya tidak dapat bicara di depan banyak orang.
- saya tidak bisa belajar dengan cepat.
- saya tidak dapat mengontrol sifat malas saya.
- saya tidak bisa melepaskan kebiasaan merokok.
- saya tidak bisa mengontrol sifat pemarah saya.
- saya ... isi sendiri sesuai masalah yang kita hadapi.

dan sekarang berdoa menurut kepercayaan masing masing dengan ikhlas dan khusyu , contoh "ya allah meskipun saya merokok (yang di garis bawahi bisa di isi sendiri , tergantung masalah yang di hadapi) , saya ikhlas dan saya pasrah pada mu sepenuhnya".
nah itulah doa yang membuat semua terapi ini berjalan dengan sukses dan berhasil , doa itu disebut the set-up words yaitu sebuah kata yang perlu di ucapkan dengan penuh perasaan untuk menetralisir psychological reversal (keyakinan dan fikiran negatif).

3.The Tune-in (Merasakan)
untuk masalah fisik , kita harus melakukan tune-in dengan cara merasakan sakit yang kita alami lalu mengarahkan pikiran kita ke tempat rasa sakit dan sambil melakukan dua hal tersebut yaitu mengucapkan "ya allah , saya ikhlas saya pasrah" dalam hati dan ucapan.

untuk masalah emosi kita melakukan tune-in dengan cara memikirkan sesuatu atau merasakan perstiwa atau hal yang pernah kita alami dalam hidup kita yang dapat membangkitkan emosi atau kebiasaan negatif kita. contoh jika kita ingin menghilangkan kebiasaan merokok , bayangkan diri kita sedang merokok , rasakan betapa nikmatnya merokok sambil membayangkan kita harus mengucapkan dalam mulut dan hati , kalimat "ya allah , saya ikhlas saya pasrah".

bersamaan dengan tune-in kita melakukan langkah ke empat yaitu tapping , pada proses ini lah tune-in di barengi dengan tapping.

4.The Tapping (mengetuk)
tapping adalah mengetuk ringan bagian bagian inti dari akupuntur dengan kedua jari telunjuk dan jari tengah. pada gambar di atas sudah saya tampilkan titik titik "major energy meridians" yang jika kita ketuk akan menetralisir gangguan gangguan emosi dan kebiasaan yang kita alami.
langkah langkah untuk tapping sebagai berikut :
 1.lakukan ketukan dari atas kepala atau ubun ubun lakukan 7-10 kali ketukan.
 2.lakukan ketukan di titik EB (Eyebrow) lakukan 7-10 kali ketukan.
 3.lakukan ketukan di titik SE (Side of Eye) lakukan 7-10 kali ketukan.
 4.lakukan ketukan di titik UE (Under Eye) lakukan 7-10 kali ketukan.
 5.lakukan ketukan di titik UN (Under Nose) lakukan 7-10 kali ketukan.
 6.lakukan ketukan di titik CH (Chin) lakukan 7-10 kali ketukan.
 7.lakukan ketukan di titik CB (CollarBone) lakukan 7-10 kali ketukan.
 8.lakukan ketukan di titik UA (Under the Arm) lakukan 7-10 kali ketukan.
 9.lakukan ketukan di titik karate chop lakukan 7-10 kali ketukan.
kita bisa melakukannya berulang kali sampai semua emosi atau kebiasaan kita beres dan sembuh , jika sudah selesai melakukan terapi tarik nafas dari hidung , rasakan semua yang berlawanan dengan emosi atau kebiasaan kita tergantikan dengan udara yang kita hirup , hembuskan nafas , rasakan semua emosi dan kebiasaan buruk kita terhempas dengan udara yang kita hembuskan. ucapkan alhamdulillah jika sudah selesai.

Kekuatan yang terbaik adalah kekuatan yang bermanfaat bagi sesama karena pada dasarnya kekuata itu hanyalah milik tuhan yang maha kuasa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »